Fraksi Nasdem Soroti Pembangunan Huntara yang Belum Merata di Sulteng


Fraksi Nasdem Soroti Pembangunan Huntara yang Belum Merata di Sulteng

PALU - Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), Muhammad Masykur mengatakan pembangunan hunian sementara (huntara) di beberapa lokasi setelah bencana gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi, terus berjalan, khususnya bagi warga yang terdampak langsung. Namun yang belum tampak adalah pembangunan huntara bagi warga yang rumahnya juga porak poranda akibat gempa.

“Warga terdampak gempa dan perlu dibangunkan huntara itu, sampai hari ini masih tidur di tenda-tenda pengungsian di sekitar wilayah rumah mereka. Korban yang diakibatkan likuefaksi maupun gempa dan tsunami seluruhnya bernasib sama, tidak punya lagi rumah tinggal,” katanya di Palu, Rabu (31/10/2018) pagi.

Ia juga melihat pemerintah setempat lamban dalam menangani korban gempa. Menurutnya, ancaman kelaparan dan penyakit mengintai para pengungsi saat memasuki musim hujan.“Sistem distribusi bantuan masih belum terkonsolidasi secara baik. Tetap saja masih ada warga yang sering tidak dapat bantuan,” katanya.

baca juga :
Badan Rescue NasDem Sulteng Bangun Posko dan Dapur Umum


Umumnya, warga yang menerima bantuan, kata Masykur, adalah warga yang proaktif mencari bantuan, sehingga bisa mendapat bahan makanan atau minuman untuk mempertahankan hidup. 

“Bagaimana dengan mereka yang mengungsi di lorong atau gang, di kaki bukit atau di kebun serta yang jauh berada di pelosok kampung yang tidak bisa diakses? Mereka harus didatangi petugas. Ini masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan cepat oleh aparat pemda,” katanya.

Data pada Posko Kogasgabpad (Komando Tugas Gabungan Terpadu) untuk penanganan bencana Sulteng menyebutkan, sampai Selasa (30/10) sore, total pengungsi di Sulteng mencapai 206.494 orang tersebar di 120 titik di Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong.

Sementara total rumah rusak sebanyak 68.451 unit. Untuk data korban luka sebanyak 4.438 orang dan meninggal dunia 2.087 orang. [rpv]


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fraksi Nasdem Soroti Pembangunan Huntara yang Belum Merata di Sulteng"

Post a Comment